•     Penandatanganan Keputusan Bersama tentang Penguatan Komitmen Mitra Kerja Dalam Rangka Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan Provinsi Sumatera Utara

    Pertemuan Penguatan Komitmen Mitra Kerja Dan Pencanangan Bakti Sosial Ibi-Kb-Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 Di Emerald Hotel International 21-22 Februari 2019

    • 25 Februari 2019 - 17:12:14 WIB |
    • 97 kali dibaca

    Hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017 menunjukkan pencapaian indikator program keluarga berencana di Provinsi Sumatera Utara masih rendah. Contraseptive Prevalence Rate (CPR) Provinsi Sumatera Utara 58,9% masih berada di bawah capaian nasional 63,6%. Unmet need masih tinggi 17,9 % di atas angka nasional 12,6 %. Di samping itu angka putus pakai semua metode kontrasepsi Provinsi Sumatera Utara masih cukup tinggi yaitu    24,65 %  (BKKBN, 2018).

     

    Tantangan dan permasalahan dalam Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) antara lain dalam upaya peningkatan akses dan mutu pelayanan keluarga berencana. Memperhatikan tantangan dan permasalahan dalam pelayanan keluarga berencana, Pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota menyusun program/kegiatan prioritas dalam upaya peningkatan akses dan mutu pelayanan keluarga berencana (KB) antara lain melalui: pemetaan faskes yang memperoleh sarana dan alokon, pemetaan faskes & jejaringnya yang memiliki nakes terlatih, fasilitasi kesertaan ber-KB, penguatan faskes KB dengan tenaga pelayanan yang terstandar dan memiliki kemampuan promosi & konseling hak-hak reproduksi, fasilitasi dan sosialisasi informasi pelayanan KB dalam era BPJS, penggerakan pelayanan MKJP, peningkatan jaminan ketersediaan alokon dan sarana.

     

    Pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota sangat menyadari bahwa Program KKBPK tidak dapat dilaksanakan sendirian. Keberhasilan Program KKBPK tidak ditentukan oleh pemerintah saja. Pemerintah membutuhkan dukungan komitmen, kepedulian tinggi, partisipasi, dan kerja sama dari para pemangku kepentingan dan mitra kerja di seluruh tingkatan wilayah.

     

    Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara Drs. Temazaro Zega, M.Kes menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pengurus IBI Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan beserta seluruh Bidan yang ada di Provinsi Sumatera Utara atas hasil kerja keras yang telah dicapai selama ini dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, khususnya  kualitas hidup ibu dan bayi. Hal tersebut disampaikan pada acara Pembukaan Pertemuan Penguatan Komitmen Mitra Kerja Dalam Rangka Momentum Bakti Sosial IBI-KKBPK-Kesehatan Tahun 2019 yang mengambil Tema “Melalui Momentum IBI-KB-Kesehatan Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Dalam Upaya Menurunkan Fertilitas dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

     

    Kegiatan ini diselenggarakan melalui sharing biaya yang berasal dari DPA APBD SKPD Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2019 serta DIPA APBN Satker Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2019, dengan mengundang sebagai peserta:

    -    Ketua PC IBI Kab/Kota se-Sumatera Utara

    -    Ketua PD IBI Provinsi Sumatera Utara

    -    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara

    -    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara

    -    Kepala Dinas/OPD KB Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara

    -    Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara

    -    Pejabat Administratur dan Pengelola Program Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara.

    -    Pejabat Struktural dan Pengelola Program Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara.

     

    Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran pemangku kepentingan dan mitra kerja dalam operasionalisasi Program KKBPK, khususnya dalam rangka peningkatan akses dan mutu pelayanan keluarga berencana dan kesehatan melalui momentum Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan, sehingga dapat mewujudkan cita-cita kita bersama menciptakan Masyarakat Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat.

     

    Melalui kegiatan Pertemuan Penguatan Komitmen Mitra Kerja Dalam Rangka Momentum Bakti Sosial IBI-KKBPK-Kesehatan Tahun 2019 akan dibangun kemitraan yang lebih baik, dengan dihasilkannya Keputusan Bersama tentang Penguatan Komitmen Mitra Kerja Dalam Rangka Bhakti Sosial IBI-KB-Kesehatan Provinsi Sumatera Utara antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara, PD Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumatera Utara, Dinas Kesehatan  Provinsi Sumatera Utara serta Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara.


    posted by admin