FORUM ANTAR PEMUKA AGAMA PEDULI KELUARGA SEJAHTERA DAN KEPENDUDUKAN (FAPSEDU)

           Fapsedu menjadi salah satu inovasi strategis dalam mendukung program Keluarga Berencana  terkait dengan keyakinan dan faktor sosial budaya, diharapkan lintas sektor dapat saling terintegrasi dalam rangka peningkatan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dalam mewujudkan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

 

           Demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara, dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes pada pembukaan Fasilitasi Fapsedu (Forum Antar Pemuka Agama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan) yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di 4 (empat) kabupaten/kota yaitu:

-    Kota Pematangsiantar pada tanggal 03 Juli 2018

-    Kota Sibolga pada tanggal 12 Juli 2018

-    Kab. Labuhan Batu pada tanggal 18 Juli 2018

-    Kab. Nias pada tanggal 24 Juli 2018.

 

          Forum Antar Pemuka Agama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan yang mengambil tema “Meningkatkan Peran Tokoh Agama Mendukung Program KB dalam Rangka Peningkatan Kesertaan Ber-KB Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera” diharapkan Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepedulian atas pengembangan keluarga sejahtera dan pembangunan kependudukan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan sektor terkait sehingga diharapkan dapat keikutsertaannya peduli terhadap kependudukan dan pembangunan program Keluarga Berencana, sehingga terwujud keluarga kecil berkualitas.

 

          Sebanyak 40 (lima puluh) orang peserta masing-masing terdiri dari FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Perwakilan agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu, Tokoh Masyarakat dan Dinas PPKB Kabupaten terkait. Hadir sebagai narasumber yaitu Ketua Forum Antar Pemuka Agama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (Fapsedu) Provinsi Sumatera Utara, serta Kepala Dinas PPKB Kabupaten/Kota.