Pengembangan dan Penguatan Jejaring Kemitraan dalam Program Bangga Kencana serta Penguatan Pelayanan KB dan Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah dan Sasaran Khusus

Labuhanbatu Utara - Pengembangan dan Penguatan Jejaring Kemitraan dalam Program Bangga Kencana  di Kab. Labuhan Batu Utara pada hari Rabu (17/11/21). Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Plt. Kepala Dinas PPKB Kab. Labuhan Batu Utara dan dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kab Labuhanbatu Utara, Ny. dr. Zuhriani Syamsul Tanjung. Adapun sasaran kegiatan ini adalah mitra kerja yaitu: TP PKK Kab dan Kec, Pengurus Cabang dan anggota IBI, PLKB serta Pengelola Program pada Dinas PPKB Kab Labuhan Batu Utara. Narasumber berasal dari Perwakilan BKKBN Provsu, Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Sumatera Utara serta Dinas PPKB Kab.Labuhanbatu Utara.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan tentang Kebijakan dan Strategi Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana serta Evaluasi Pelaksanaan Momentum PKK-KB-Kesehatan, meningkatkan pengetahuan tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), meningkatkan pengetahuan tentang Keragaman dan Pengelolaan Makanan Untuk Pencegahan Stunting.

Selanjutnya pada hari Kamis (18/921) diselenggarakan kegiatan Penguatan Pelayanan KB dan Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah dan Sasaran Khusus, Desa Ledong Timur, Kec. Aek Ledong, Kab. Labuhan Batu Utara. Adapun Sasaran kegiatan ini merupakan Pasangan Usia Subur (PUS) yang merupakan calon peserta baru KB, Kader KB, Kader PKK, TP PKK Desa dan PLKB. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Plt. Kepala Dinas PPKB Kab. Labuhan Batu Utara, Kepala Bidang KB Dinas PPKB Provsu, Perwakilan BKKBN Provsu dan Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Sumatera Utara.

Sasaran Kegiatan Penguatan Pelayanan Keluarga Berencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah dan Sasaran Khusus di Kabupaten Labuhan Batu Utara adalah Pasangan Usia Subur (PUS) calon akseptor KB, Kader KB, Kader PKK,  PLKB, Bidan dan pengelola program pada Dinas PPKB Kab. Labuhan Batu Utara sebanyak 55 orang.

 

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan peran mitra kerja dalam pelayanan dan pembinaan kesertaan ber-KB, meningkatkan pemahaman PUS, Kader KB dan PLKB tentang pelayanan KB dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), Meningkatkan pemahaman PUS, Kader KB, Kader PKK, Bidan dan PLKB tentang Pencegahan Stunting dengan Pemenuhan Asupan Gizi Seimbang dan mengubah Mindset Tidak Harus Makanan Mahal.

Sumber biaya kegiatan Penguatan Pelayanan Keluarga Berencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah dan Sasaran Khusus ini berasal dari APBD Provinsi Sumatera Utara tahun 2021.