Penguatan Komitmen dan Peningkatan Peran Serta Mitra Kerja dalam Momentum Bakti Sosial Keluarga Berencana

Toba, Simalungun & Serdang Berdagai - Kegiatan Penguatan Komitmen dan Peningkatan  Peran Serta Mitra Kerja dalam Momentum Bakti Sosial Keluarga Berencana

Strategi Nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang tertuang pada Program Keluarga Berencana adalah “Meningkatkan akses perempuan/ibu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan kesehatan reproduksi, terutama untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI). Strategi program yang dilakukan adalah melalui peningkatan akses dan kualitas penyelengaraan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) yang komprehensif berbasis kewilayahan dan fokus pada segmentasi sasaran.

Pemerintah sangat menyadari bahwa secara keseluruhan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) tidak dapat dilaksanakan sendirian. Pemerintah membutuhkan dukungan komitmen, kepedulian tinggi, partisipasi, dan kerja sama dari stakeholders/pemangku kepentingan dan mitra kerja di seluruh tingkatan wilayah.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sebagai motor penggerak dan pembina potensi masyarakat khususnya keluarga dalam pelaksanaan Program Banggakencana dari tingkat Provinsi sampai ke lini terdepan Kader PKK Desa merupakan mitra yang sangat potensial.

Pertemuan Penguatan Komitmen dan Peningkatan Peran Serta Mitra Kerja dalam Momentum Bakti Sosial Keluarga Berencana diselenggarakan untuk memberikan penguatan dan peningkatan peran mitra kerja khususnya kiprah TP PKK dalam mengimplementasikan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana langsung menyentuh keluarga.

Kegiatan ini dilaksanakan di 3 (tiga) kabupaten yaitu di Kabupaten Toba pada tanggal 23 November 2021, di Kabupaten Simalungun pada tanggal 24 November 2021 dan di Kabupaten Serdang Bedagai pada tanggal 25 November  2021.

Sasaran Kegiatan Penguatan Komitmen Dan Peningkatan Peran Serta Mitra Kerja Dalam Momentum Bakti Sosial Keluarga Berencana adalah Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan, Pengurus Cabang/anggota Ikatan Bidan Indonesia, PLKB dan Pengelola Program pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten/Kota dengan jumlah peserta seluruhnya di 3 kabupaten sebanyak 140 orang.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Kebijakan dan Strategi Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi dan peran TP PKK dalam Momentum PKK-KB-Kesehatan di Provinsi Sumatera Utara dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Peran PKK Sebagai Motor Penggerak dan Pembina Program Keluarga Berencana serta percepatan penurunan stunting.

Sumber biaya kegiatan Penguatan Pelayanan Keluarga Berencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah dan Sasaran Khusus ini berasal dari APBD Provinsi Sumatera Utara tahun 2021.