Penyusunan Parameter Lima Pilar Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Batu Bara

Ibu Laura Ance Sinaga, SKM, MHSM, MPH selaku Narasumber

Batu Bara – Kabupaten Batu Bara melaksanakan kegiatan penyusunan parameter Lima Pilar Grand Design Pembangunan Keluarga (GDPK) yang dilaksanakan di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Batu Bara pada hari Senin (6/9/21).

Kegiatan ini diikuti oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Batu Bara, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Batu Bara, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kab. Batu Bara, Dinas Pendidikan Kab. Batu Bara, Dinas Kesehatan Kab. Batu Bara dan Dinas Sosial Kab. Batu Bara. Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu Bapak Drs. Hamzah Ar., Wakil Ketua Tim Koalisi Kependudukan Sumut dan Ibu Laura Ance Sinaga, SKM., MHSM., MPH., Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan berlangsung dengan metode paparan, diskusi, dan tanya jawab. Adapun 5 Pilar GDPK, yaitu: Pengendalian Kuantitas Penduduk; Peningkatan Kualitas Penduduk; Pembangunan Keluarga; Penataan Persebaran dan Pengarahan Mobilitas Penduduk; dan Penataan Administrasi Kependudukan. Penyusunan GDPK ini bertujuan untuk memberikan arah kebijakan pelaksanaan pembangunan kependudukan Kabupaten Batu Bara selama 25 Tahun kedepan; dan menjadi pedoman dalam penyusunan Road Map pembangunan kependudukan Kabupaten Batu Bara; serta menjadi masukan bagi kementrian/Lembaga, OPD, pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaan pembangunan yang berwawasan kependudukan khususnya di Kabupaten Batu Bara. Pada kegiatan ini Kabupaten Batu Bara optimis mampu menyelesaikan dokumen GDPK pada tahun ini.