Rapat Kerja Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan sekaligus Pengukuhan Koalisi Kependudukan dan Pembangunan Kab. Tapanuli Utara

Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes dalam sambutannya pada kegiatan Rapat Kerja Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan sekaligus Pengukuhan Koalisi Kependudukan dan Pembangunan Kab. Tapanuli Utara, menyampaikan bahwa terdapat 3 permasalahan utama pembangunan kependudukan di Kab. Tapanuli Utara, yaitu. 1. Kuantitas Penduduk, dengan TFR nya 4,3 jumlah penduduk masih sangat besar, 2. Kualitas Penduduk, dimana tingkat kemiskinan masih tinggi dan kualitas pendidikan msh rendah belum banyak SMU dan Perguruan Tinggi berstandart sehingga memunculkan permasalahan ke 3 yaitu Migrasi Penduduk, dimana tenaga produktif keluar dari Taput utk mencari pendidikan tinggi sekaligus menetap di kampung orang utk mencari dunia kerja. Semoga Koalisi Kependudukan yang dikukuhkan hari ini dapat menjadi mitra dan partner Pemkab Taput sebagai lumbung pikir untuk berbenah diri sehingga tenaga2 muda yang produktif mau kembali membangun kampung halamannya.

 

Pada saat yang sama Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandy Hutabarat juga bertemu dengan Pakar akademisi, Prof. Heru Santosa dan Prof. Albiner Siagian berbincang tentang pembangunan di Kab. Tapanuli Utara. Bupati dan Wabup berkomitmen agar pembangunan lebih difokuskan kepada pembangunan berorientasi kependudukan. Dimana masih perlu ditekankan peningkatan kualitas SDM masyarakatnya maupun birokratnya. beliau menyadari permasalahan penduduk sangat dinamis sehingga perlu disikapi dengan tanggap oleh para birokrat, dan perlu perubahan mindset dalam menyikapi permasalahan penduduk. Semoga pertemuan ini membawa wacana dan ide baru bagi Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara.

 

Setelah acara Pengukuhan Koalisi Kependudukan dan Pembangunan Kab. Tapanuli Utara, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Provsu dr. Ria Nofida Telaumbanua, M.Kes langsung menghadiri acara Pertemuan Komitmen dan Pencanangan IBI-KB-Kesehatan Kab. Tapanuli Utara Tahun 2019.

 

Mari berbenah dan berkarya bagi kampung halaman.

Selamat berkarya..