Tugas Pokok dan fungsi sekretariat

Sekretariat Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan fungsi:

a. penyelenggaraan pembinaan bimbingan dan arahan pegawai pada lingkup Sekretariat;
b. penyelenggaraan arahan dan bimbingan kepada pejabat Struktur pada lingkup Sekretariat;
c. penyelenggaraan Instruksi pelaksanaan tugas lingkup Sekretariat;
d. penyelenggaraan penyusunan program kegiatan lingkup Sekretariat;
e. penyelenggaraan penyusunan dan penyempurnaan Standar pelaksanaan Administrasi perencanaan, Keuangan, Umum dan Kepegawaian serta pelayanan Umum;
f. penyelenggaraan Administrasi perencanaan, Keuangan, umum, Kepegawaian dan pelayanan umum, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan; 
g. penyelenggaraan pengkoordinasian, penJrusunan rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan Dinas sesuai ketentuan peraturan
perundang-undangan dan standar yang ditetapkan;
h. penyelenggaraan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas, sesuai bidang

Tugas dan fungsinya;
i. penyelenggaraan pemberian masukan kepada Kepala Dinas sesuai bidang tugas dan fungsinya;
j. penyelenggaraan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala Dinas sesuai standar yang ditetapkan.

Sekretaris Dinas mempunyai uraian tugas:
a. menyelenggarakan pernbinaan, bimbingan dan arahan kepada pegawai pada lingkup Sekretariat;
b. menyelenggarakan bimbingan dan arahan kepada pejabat Struktural pada lingkup Sekretariat;
c. menyelenggarakan pen3rusunan koordinasi rencana program kerja sekretariat, Bidang-bidang dan unit Pelaksanaan Teknis Dinas;
d. menyelenggarakan pengkajian dan koordinasi perencanaan dan program Dinas;
e. menyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan; f. menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan; g. menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja.
h. menyelenggarakan pengendalian administrasi arlggararl belanja;
i. menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan;
j. menyelenggarakan pen5rusunan rencana strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah TLAKIP) LKPJ dan LPPD Dinas;
k. menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;
1. menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan naskah Dinas, kearsipan, pertelekomunikasian dan persandian;
m. menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan naskah Dinas kearsipan, pertelekomunikasian dan persandian;
n. menyelenggarakan fasilitasi pelayanan umum dan pelayanan minimal;
o. menyelenggarakan pengadaan, pemeliharaan, penataan, pembinaan, dan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan/peralatan kantor;
p. menyelenggarakan penJrusunan bahan rancangan pendokumentasian peraturan perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, keprotokolan
dan hubungan masyarakat;
q. menyelenggarakan fasilitasi dan pengaturan keamanan kantor;
r. menyelenggarakan administrasi kepegawaian di bidang kesejahteraan:, kepangkatan pegawai;
s. menyelenggarakan pengkoordinasian dan pembinaan jabatan fungsional;
t. menyelenggarakan pengkoordinasian pelaporan, evaluasi, monitoring atas kegiatan bidang-bidang lingkup Dinas dan unit pelaksana teknis Dinas;
u. menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
v. menyelenggarakan koordinasi unit kerja terkait;
w. menyelenggarakan dan mengatur rapat-rapat internal Dinas.
x. menyelenggarakan perencanaan, pengkoordinasian penyusunan proses pengadaan barang dan jasa;
y. menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya, sesuai standar yang ditetapkan;
z. menyelenggarakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.