Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat

Sekretariat Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Menyelenggarakan Fungsi:

  1. Penyelenggaraan pembinaan bimbingan dan arahan pegawai pada lingkup Sekretariat;
  2. Penyelenggaraan arahan dan bimbingan kepada Pejabat Struktural pada lingkup Sekretariat;
  3. Penyelenggaraan instruksi pelaksanaan tugas lingkup Sekretariat;
  4. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan lingkup Sekretariat;
  5. Penyelenggaraan penyusunan dan penyempurnaan standar pelaksanaan Administrasi Perencanaan, Keuangan, Umum dan Kepegawaian serta Pelayanan Umum;
  6. Penyelenggaraan Administrasi Perencanaan, Keuangan, Umum, Kepegawaian dan Pelayanan Umum, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan;
  7. Penyelenggaraan pengkoordinasian, penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Tahunan Dinas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar yang ditetapkan;
  8. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas, sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  9. Penyelenggaraan pemberian masukan kepada Kepala Dinas sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  10. Penyelenggaraan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Kepala Dinas sesuai standar yang ditetapkan.

Sekretaris Dinas Mempunyai Uraian Tugas:

  1. Menyelenggarakan pembinaan, bimbingan dan arahan kepada pegawai pada lingkup Sekretariat;
  2. Menyelenggarakan bimbingan dan arahan kepada pejabat Struktural pada lingkup Sekretariat;
  3. Menyelenggarakan penyusunan koordinasi rencana program kerja Sekretariat, Bidang-bidang dan Unit Pelaksanaan Teknis Dinas;
  4. Penyelenggarakan pengkajian dan koordinasi perencanaan dan program Dinas;
  5. Penyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan;
  6. Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan;
  7. Menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja;
  8. Menyelenggarakan pengendalian administrasi anggaran belanja;
  9. Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan;
  10. Menyelenggarakan penyusunan Rencana Strategis, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) LKPJ dan LPPD Dinas;
  11. Menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  12. Menyelenggarakan pengelolaan dan pembinaan naskah Dinas, kearsipan, pertelekomunikasian dan persandian;
  13. Menyelenggarakan fasilitasi pelayanan umum dan pelayanan minimal;
  14. Menyelenggarakan pengadaan, pemeliharaan, penataan, pembinaan, dan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan/peralatan kantor;
  15. Menyelenggarakan penyusunan bahan rancangan pendokumentasian peraturan perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, keprotokolan dan hubungan masyarakat;
  16. Menyelenggarakan fasilitasi dan pengaturan keamanan kantor;
  17. Menyelenggarakan administrasi kepegawaian di bidang kesejahteraan:, kepangkatan pegawai;
  18. Menyelenggarakan pengkoordinasian dan pembinaan jabatan fungsional;
  19. Menyelenggarakan pengkoordinasian pelaporan, evaluasi, monitoring atas kegiatan bidang-bidang lingkup Dinas dan unit pelaksana teknis Dinas;
  20. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  21. Menyelenggarakan koordinasi unit kerja terkait;
  22. Menyelenggarakan dan mengatur rapat-rapat internal Dinas;
  23. Menyelenggarakan perencanaan, pengkoordinasian penyusunan proses pengadaan barang dan jasa;
  24. Menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya, sesuai standar yang ditetapkan;
  25. Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.