Penguatan Kampung KB, Percepatan Penurunan Stunting dan Pemberian Bingkisan Tali Asih bagi Pasangan Usia Subur (PUS) di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai

Penguatan Kampung KB, Percepatan Penurunan Stunting dan Pemberian Bingkisan Tali Asih bagi Pasangan Usia Subur (PUS) di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai

Pembangunan keluarga menjadi kunci keberhasilan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas. Masalah stunting penting untuk diselesaikan karena stunting dapat mengganggu potensi sumber daya manusia. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan. Dampaknya dapat terjadi hambatan dalam perkembangan kognitif dan keberhasilan pendidikan, menurunkan produktivitas serta terjadi risiko penyakit tidak menular pada usia dewasa.

Penerapan Program KB dalam mencegah anak stunting adalah melalui: penjarangan jarak usia anak, pengaturan jumlah kelahiran, menghindari kehamilan tidak diinginkan (KTD), menghindari 4T: terlalu muda, terlalu tua, terlalu rapat dan terlalu banyak. Keberhasilan Program KB merupakan salah satu upaya mempercepat penurunan stunting disamping pemenuhan makanan bergizi, pola asuh, akses ke air bersih serta sanitasi yang baik.

Demikian Sambutan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes yang disampaikan oleh Sdri. Lilia Lusana Utari, SKM, MARS Analis Kebijakan Ahli Muda pada kegiatan penguatan kampung KB dan percepatan penurunan stunting serta pemberian bingkisan tali asih kepada Pasangan Usia Subur (PUS) yang memiliki balita, ibu hamil dan ibu menyusui di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai pada tanggal 19 April 2022.

Pemberian tali asih oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara ini merupakan bentuk perhatian dan motivasi bagi keluarga PUS agar lebih peduli terhadap risiko stunting bagi keluarga. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Serdang Bedagai Ibu Hj. Rosmaida Saragih beserta jajaran pengurus, Kepala Dinas P2KB P3A Kabupaten Serdang Bedagai dr. Helminur Iskandar beserta jajaran struktural, Camat Tanjung Beringin Ibu Elmiati, S.Ap serta unsur Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) dan Kepala Desa Pekan Tanjung Beringin Ir. Indra Syahputra. Kegiatan juga didukung oleh Rumah Sakit Islam Malahayati Medan berupa pemberian 40 paket bingkisan bahan pokok bagi keluarga yang memiliki balita berisiko stunting.